Ancaman Gelombang Tinggi Pertengahan Juni 2022, Pesisir Utara Jawa Tengah Harus Bersiap

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengingatkan para kepala daerah yang wilayahnya rawan rob seperti pesisir Kota Semarang, Kota Pekalongan, Batang, Demak, untuk waspada ancaman gelombang tinggi pertengahan Juni 2022 mendatang

Aldo Santoso P
Jum'at, 03 Juni 2022 | 01:04 WIB
Ancaman Gelombang Tinggi Pertengahan Juni 2022, Pesisir Utara Jawa Tengah Harus Bersiap
Humas Pemprov Jateng

SUARA SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerima laporan BMKG bahwa pada pertengahan Juni 2022 diprakirakan akan terjadi gelombang tinggi.

Waktu yang tinggal dua minggu ini digunakan Ganjar Pranowo untuk berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk mengantisipasi gelombang tinggi.

Selain gelombang tinggi BMKG juga melaporkan potensi adanya siklon dari Australia yang bisa menambah naiknya permukaan air.

"Dari BMKG di tengah bulan ini ada potensi terjadinya gelombang tinggi juga," ujarnya, Kamis (2/6/2022).

Adapun langkah yang dilakukan Ganjar Pranowo adalah mengingatkan kepala daerah yang wilayahnya rawan terjadi rob, terutama pesisir utara Jawa Tengah.

Kabupaten atau kota berpotensi rob, seperti Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang dan Demak dimintanya menyampaikan bantuan yang diperlukan.

Ganjar meminta seluruh pihak menyisir area yang berpotensi jebol jika terjadi rob. Inventarisasi tersebut harus segera dilakukan agar titik-titik itu bisa segera diperkuat.

Sedangkan untuk tanggul0tanggul yang jebol sementara ditambal dengan bambu dan sandbag, dalam dua pekan ini dikebut pengerjaannya.

Penanganan diganti dengan materia geobox yang disebut lebih kuat.

"Nah pekerjaan-pekerjaan inilah yang dalam beberapa hari ini akan menjadi perhatian kita. Sambil semua disiplin pada bidang masing-masing agar dalam dua minggu ini pekerjaan bisa selesai," ujarnya.

Secara keseluruhan, Ganjar mengatakan bencana rob yang terjadi pada minggu lalu disebabkan faktor cuaca.

Ketinggian air laut yang naik hingga 1,5 sampai 2 meter juga menyebabkan tanggul jebol.

Berkaca dari pengalaman kemarin, Ganjar meminta seluruh pihak bekerja cepat dan segera melaporkan kepadanya.

"Saya minta besok sudah ada laporan pompa-pompa mana yang mati. Laporkan kepada kami agar kami bisa segera menghidupkan lagi atau barangkali mencari substitusi atau pengganti agar kemudian kalau terjadi seperti itu kita bisa menyedot air ke laut jauh lebih cepat," tandasnya.

Semarang Raya

Terkini

PSM Makassar satu-satunya Klub yang mewakili Indonesia lolos dalam Semifinal AFC Cup Zona Asean Cup 2022, PSM Makasar akan melanjutkan laga pertandingan berikutnya semifinal nanti.

Olahraga | 09:52 WIB

Bagaimanakah bunyi pasal 338, 340, 55 dan 56 itu? Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) sebagai berikut patut Anda ketahui secara lengkap.

News | 09:44 WIB

Pendaftaran Kartu prakerja gelobang 40 akan segera ditutup, beginilah cara dan link daftar untuk Anda yang sedang mencari dan jangan sampai ketinggalan daftar kesempatan ini.

News | 09:28 WIB

Kapolri sebuah apakah Ferdy Sambo ikut langsung terlibat penembakan yang berujung tewasnya Brigadir J belum bisa dibuktikan.

News | 08:53 WIB

Mahfud MD mengatakan motif pembunuhan Brigadir J yang didalangi Ferdy Sambo sensitif dan hanya boleh didengar orang dewasa

News | 06:27 WIB

Ferdy Sambo terancam hukuman mati karena berperan dalam memerintah Bharada E menembak Brigadir J

News | 21:51 WIB

Skenario dibuat bahwa Ferdy Sambo menggunakan pistol milik Brigadir J untuk ditembakan ke dinding agar seolah terjadi tembak menembak antara Brigadir J dengan Bharada E.

News | 19:39 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa motif pembunuhan Brigadir J yang dilakukan Bharada E atas perintah Ferdy Sambo masih perlu didalami dengan keterangan ahli dan saksi

News | 19:38 WIB

Kapolri mengumumkan perkembangan penyelidikan kasus pembunuhan Brigadir J pada Selasa (9/8/2022) dan menyatakan Irjen Pol Ferdy Sambo adalah h tersangka.

News | 19:14 WIB

Alchemy of Souls season 2 sudah mulai syuting dengan menghadirkan kembali karakter Naksu diperankan Go Yoon Jung menggantikan Jung So Min.

Lifestyle | 18:02 WIB

Selian bersenjata lengkap pasukan Brimob juga mengerahkan kendaraan taktis di sekitar Duren Tiga dengan penjagaan ketat siaga penuh.

News | 17:14 WIB

Kemenag menjelaskan bahwa Padepokan Nur Dzat Sejati yang dipimpin Gus Samsudin bukan Pondok Pesantren karena tidak terdaftar dan memenuhi persyaratan yang bisa disebut sebagai pesantren

News | 17:10 WIB

Beberapa pihak juga menilai Irjen Pol Ferdy Sambo bakal masuk daftar nama tersangka yang diumumkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

News | 15:59 WIB

Anak Flores yang diselamatkan Krishna Murti saat itu sedang nyantri di Yaman namun perang menyebabkan ia tak bisa sekolah dan justru terjebak kini ia nikahkan.

Lifestyle | 15:16 WIB

Soul tenggelam oleh banjir pada Senin (8/8/2022) sejumlah fasilitas terendam air netizen salahkan Park Min Young dan Song Kang seperti di drama Forecasting Love and Weather.

News | 14:11 WIB
Tampilkan lebih banyak