Kota Semarang Ranking 1 Soal Jumlah Terbanyak Laporan Investasi Bodong dan Pinjol Ilegal di Jateng

OJK mencatat ada 798 pengaduan soal investasi bodong dan pinjol ilegal di Kota Semarang sehingga menjadikannya ranking 1 se Jateng diikuti Surakarta kemudian Cilacap

Aldo Santoso P
Rabu, 29 Juni 2022 | 22:01 WIB
Kota Semarang Ranking 1 Soal Jumlah Terbanyak Laporan Investasi Bodong dan Pinjol Ilegal di Jateng
Pixabay/ Bru-nO

SUARA SEMARANG - Kota Semarang menjadi paling banyak soal jumlah laporan investasi bodong dan pinjaman online (pinjol) ilegal di Jateng.

Berdasarkan data Layanan Kontak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode Januari 2021 hingga Juni 2022, Kota Semarang mencatatkan 798 pengaduan tentang investasi bodong dan pinjol ilegal.

Setelah Kota Semarang dengan 798 pengaduan (14,23%), Kota Surakarta tercatat ada 295 pengaduan (5,26%), Cilacap sebanyak 288 pengaduan (5,14%), dan Banyumas 214 pengaduan (3,82%) tentang investasi dan pinjol ilegal di Jateng.

Dalam periode Januari 2021 hingga Juni 2022 tersebut, total OJK menerima 5.523 pengaduan terkait investasi bodong dan pinjol ilegal di Jawa Tengah.

Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Aman Santosa mengatakan sampai saat ini masih banyak masyarakat Jateng yang menjadi korban investasi bodong dan pinjol ilegal.

Selain masuk ke OJK langsung, pengaduan investasi dan pinjol ilegal juga masuk melalui website Lapor Gub! yaitu sebanyak 27 pengaduan.

Fenomena maraknya masyarakat yang terjebak dan dirugikan dalam investasi bodong dan pinjol olegal tersebut, juga disebabkan karena kurangnya pemahaman masyarakat.

"Ini tugas kita bersama bagaimana masyarakat teredukasi agar tidak tergiur janji palsu dari investasi/pinjol ilegal, yaitu dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang kita miliki secara bersama-sama" ucap Aman, Rabu (29/6/2022).

Menurutnya edukasi kepada masyarakat dapat dilaksanakan dalam beberapa bentuk, di antaranya edukasi secara face to face, memanfaatkan media massa dan media sosial secara masif, serta menggunakan sarana komunikasi baik dalam bentuk WhatsApp dan SMS.

Selain itu, OJK terus mendorong sinergi seluruh Anggota Satgas Waspada Investasi Jawa Tengah agar berperan aktif dalam melakukan edukasi dan bersinergi melalui gerakan jateng lawan investasi ilegal yang masif dan menyeluruh di Jawa Tengah yang nantinya akan di-launching pada semester II tahun ini.

Semarang Raya

Terkini

Lirik lagu Wong Ko Ngene Kok Dibanding-bandingke memiliki judul asli Ojo Dibandingke yang dinyanyikan salah satunya Farel Prayoga diciptakan Abah Lala.

Lifestyle | 21:12 WIB

Hotman Paris meminta Bharada E jujur dan membantu penyidik dalam mengungkap kasus Brigadir J sebelum terlambat karena masa depannya masih panjang

News | 19:11 WIB

Di ketahui jika JKT48 kini sudah ada 10 generasi dan bisa dikatakan para 25 member Gen 1 adalah yang paling legend

Lifestyle | 18:49 WIB

Persib Bandung kembali menelan kekalahan setelah Borneo FC berhasil comeback hingga skor akhir menjadi 4-1 di pekan ketiga BRI Liga 1

Olahraga | 18:14 WIB

Beredarnya kabar rumah Kabareskrim Komjen Agus Andrianto ditembak orang langsung dijawab oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo adalah hoaks.

News | 14:16 WIB

Link live streaming Borneo FC vs Persib Bandung sore ini Minggu 7 Agustus 2022 yang disiarkan langsung Vidio

Olahraga | 14:00 WIB

Jadwal Trans7 Minggu (7/8/2022) ada siaran langsung MotoGP Silverstone Inggris dan bisa disaksikan di link live streaming di Vision Plus.

Olahraga | 13:57 WIB

Banyak Netizen yang mempertanyakan mengapa karier Krishna Murti justru disalip oleh Ferdy Sambo yang merupakan juniornya.

Lifestyle | 13:20 WIB

Dana BOS Tahap 2 dari Kemenag Cair Agustus 2022, Berikut Alur dan Cara Pencairan Bantuan Tersebut

News | 12:42 WIB

Hasil Liga Inggris 2022-2023 Pekan Pertama, Everton VS Chelsea, The Blues Menang Perdana di Kandang Lawan

Olahraga | 12:02 WIB

Jadwal Film Bioskop Terbaru XXI Hari Ini di Paragon City Semarang, Pengabdi Setan 2 Communion dan ada harga tiket masuk.

Lifestyle | 11:52 WIB

Hasil Liga Inggris 2022-2023 Fulham VS Liverpool Pekan Pertama, The Reds Nyaris Takluk di Laga Perdana

News | 11:38 WIB

Berikut dokumen yang diperlukan untuk mencarikan dana BOS khusus madrasah dari Kemenag RI, Simak lengkap untuk Anda.

News | 11:23 WIB

Ada beberapa pilihan nama untuk anak perempuan, baik dari singkatan orang tua, nama bunga atau pun yang bernada islami.

Lifestyle | 11:13 WIB

Kemenag akan segera menyalurkan dana BOS tahap 2 sebesar Rp2,5 triliun untuk lebih dari 49 ribu madrasah yang berada di seluruh wilayah Indonesia.

News | 11:03 WIB
Tampilkan lebih banyak