Khusus Roda 4, Uji Emisi Jadi Syarat Perpanjangan STNK Mulai Tahun Ini

Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan uji emisi sebagai syarat perpanjangan STNK untuk kendaraan roda empat mulai akhir tahun 2022

Aldo Santoso P
Rabu, 06 Juli 2022 | 10:03 WIB
Khusus Roda 4, Uji Emisi Jadi Syarat Perpanjangan STNK Mulai Tahun Ini
suara.com

SUARA SEMARANG - Uji emisi akan masuk dalam syarat perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di wilayah DKI Jakarta.

Pemberlakuan uji emisi jadi syarat perpanjangan STNK ini akan berlaku mulai akhir tahun 2022.

Bagi kendararan yang tidak lolos uji emisi dalam syarat perpanjangan STNK, Pemprov DKI Jakarta masih berkoordinasi dengan pihak Polda Metro Jaya.

"Insya Allah di akhir tahun ini bisa mulai kita terapkan untuk perpanjangan (STNK) itu harus sudah uji emisi, karena data kita sudah terkoneksi baik dengan Bapenda," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga:Timnas Indonesia U-19 vs Thailand, Alfriyanto Nico Berharap Bisa Tampil Memuaskan

Syarat uji emisi sebagai perpanjangan STNK baru berlaku untuk kendaraan roda empat.

"Kami sudah mulai bekerja sama dengan Bapenda, terutama untuk perpanjangan STNK ke depannya, khususnya untuk kendaraan bermotor roda empat, semuanya harus sudah lulus uji emisi, baru bisa perpanjangan STNK," terangnya.

Sementara untuk penerapan sanksi tilang bagi kendaraan yang tidak melakukan uji emisi, saaat ini belum ditetapkan.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup masih melakukan pembahasan lebih lanjut dengan Polda Metro Jaya.

"Kami juga sedang membuka komunikasi dengan Sekretariat Kabinet dan pihak kepolisian untuk mulai menerapkan sanksi bagi kendaraan yang memang tidak lulus uji emisi," jelasnya.

Baca Juga:All-New SsangYong Torres Hadir di Pasar Otomotif Korea Selatan, Sebentar Lagi Bakal Ekspor ke Cile

News

Terkini

Anda sedang mencari lirik lagu Angin Datang Kasih Kabar Toton Caribu feat Justy Aldrin, Viral di TikTok dan Instagram? Simak lengkap disini.

Lifestyle | 11:29 WIB

Anda sedang mencari lirk Sholawat Ya Thoybah Ya Ali Yabna Abi Tholiib dengan terjemahan arti, simak dalam artikel ini lengkap.

Lifestyle | 11:08 WIB

Simak disini jika Anda sedang mencari chord gitar dan lirik lagu Buih Jadi Permadani Versi Cover Zinidin Zidan Feat Tri Suaka Mudah Dimainkan.

Lifestyle | 09:07 WIB

Jika Anda sedang mencari Chord Gitar dan Lirik Lagu Ngobor Kodok - Evi Shandra, Tarling Dermayu Cirebonan mudah dimainkan untuk Anda dengan nada dasar Am, silahkan simak lengkap disini.

Lifestyle | 09:00 WIB

Timnas Indonesia jadi juara Piala AFF U16 setelah mengalahkan Vietnam tapi Iwan Bule dan Menpora jadi sorotan karena ikut upacara angkat piala di podium

Olahraga | 07:50 WIB

Menurut Seali Syah jika sang suami, Brigjen Pol Hendra Kurniawan, jadi korban perilaku Ferdy Sambo yang tak gentle.

News | 17:48 WIB

Profil nama Seali Syah istri Brigjen Pol Hendra Kurniawan kembali mencuat setelah dengan berani dengan lantang tantang Irjen Pol Ferdy Sambo untuk ungkap kejujuran.

Lifestyle | 14:33 WIB

LPSK dan Komnas HAM masih belum bisa memeriksa istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi atas kasus pembunuhan Brigadir J karena kondisinya belum stabil

News | 14:26 WIB

CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi pun akan Melakukan evaluasi pada pemain asing jika masih tidak bisa maksimal.

Olahraga | 13:44 WIB

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi pernah meminta perlindungan dari LPSK namun sulit dimintai keterangan

News | 13:10 WIB

Line up PSIS Semarang lawan Persib, hanya membawa 20 pemain tanpa predator Carlos Fortes, wing back lincah Fredyan Wahyu atau Ucil dan striker Hari Nur Yulianto.

Olahraga | 12:57 WIB

Satu unit bus listrik MAB yang diserahkan kepada Pemkot Semarang berjenis kendaraan angkutan umum wisata dengan kapasitas 45 orang penumpang.

Semarang Raya | 11:20 WIB

Jadwal MPL ID season 10 pekan pertama 12 hingga 14 Agustus 2022 dibuka dengan laga Geek Fam vs RRQ Hoshi

Olahraga | 08:55 WIB

Ferdy Sambo meminta maaf kepada Kapolri atas pembunuhan Brigadir J karena tidak jujur dan mencederai kepercayaan publik pada Polri

News | 08:18 WIB

Kini dua pejabat utama di Kabupaten Pemalang terjerat kasus korupsi yakni pertama Sekda Mohammad Arifin dan kedua bupati Mukti Ali Wibowo yang ditangkap KPK.

News | 08:16 WIB
Tampilkan lebih banyak