56 Napi Lapas Semarang Bebas Berkat Asimilasi Rumah Diperpanjang

Sujud syukur dilakukan 57 napi sebab terharu mendapatkan asimilasi yang diperpanjang bisa bebas dan kembali ke rumah tidak menjalani hukuman di Lapas Semarang.

Aam Winata Mail
Rabu, 06 Juli 2022 | 23:12 WIB
56 Napi Lapas Semarang Bebas Berkat Asimilasi Rumah Diperpanjang
Doc. semarang.suara.com

SUARA SEMARANG - Sujud syukur dilakukan 56 napi Lapas Semarang saat dinyatakan bebas pada Rabu (6/7/2022).

Puluhan napi Lapas Semarang tersebut mendapat asimilasi yang diperpanjang dan dinyatakan bebas.

Sujud syukur dilakukan sebab terharu bisa bebas dan kembali ke rumah tidak menjalani hukuman di Lapas Semarang.

Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji menjelaskan 56 napi asimilasi tersebut dibebaskan setelah memenuhi persyaratan administratif dan substantif.

Baca Juga:Update Klasemen Grup A Piala AFF U 19 Rabu 6 Juli 2022 Indonesia Melorot Posisi Ke 4, Vietnam Kudeta Thailand

Hal tersebut sesuai Permenkumham Nomor 43 Tahun 2021 yang merupakan perubahan kedua atas Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

"Kami ucapkan selamat bagi warga binaan yang mendapatkan hak asimilasi di rumah. Perlu diingat agar kalian (napi) dapat menjaga diri, menjaga kesehatan dan tetap di rumah saja,” himbau Tri Saptono.

"Hal yang tidak kalah penting adalah jangan berbuat tindakan yang melanggar hukum dan meresahkan ditengah tengah masyarakat dimasa pandemi pada saat ini," tambahnya.

Program asimilasi itu hanya diberikan kepada napi kasus tindak pidana umum dan napi tindak pidana narkotika yang masa hukumannya dibawah lima tahun dan telah memenuhi persyaratan substantif dan administratif lainnya.

“Seperti berkelakuan baik, telah mengikuti program pembinaan dengan baik, telah menjalani setengah dari masa pidana dan perhitungan tinggal dua pertiga dari masa pidananya sampai 31 Desember 2022,” kata Kalapas.

Baca Juga:Ganjar Ingin Mall Sediakan Tempat Booster, Pengunjung Bisa Vaksinasi di Tempat

Meskipun sudah memperoleh asimilasi rumah, mereka mempunyai kewajiban untuk absensi secara rutin ke Balai Pemasyarakatan setempat wilayah napi menjalani program asimilasi dirumah.

Salah satu napi yang mendapatkan program asimilasi, Nuswan menyampaikan rasa syukur dikarenakan telah mendapatkan asimilasi.

“Alhamdulillah, sekarang sudah bisa berkumpul dengan keluarga," katanya.

Napi terpidana karena pelanggaran lalu lintas 1 tahun 10 bulan tersebut juga mengaku tidak diminati biaya dalam asimilasi tersebut.

"Alhamdulillah saya tidak dipungut biaya alias gratis," katanya.

Asimilasi tidak diberikan kepada narapidana yang residivis, tidak dipidana lebih dari satu perkara.

Selain itu asimilasi juga tidak beliau pada napj bukan kasus narkoba di atas lima tahun, korupsi, terorisme, pembunuhan, perampokan, kesusilaan, kejahatan terhadap keamanan negara, serta kejahatan hak asasi manusia.

Semarang Raya

Terkini

Hasil PSIS Semarang vs Persik Kediri berakhir 2-1 untuk kemenangan Laskar Mahesa Jenar

Olahraga | 18:26 WIB

Kerajaan yang dimaksud Mahfud MD ini adalah kelompok yang dipimpin Ferdy Sambo seperti sub mabes yang berkuasa.

News | 17:53 WIB

Dalam susunan line up pemain PSIS Semarang, rupanya tidak ada nama striker Carlos Fortes saat menghadapi Persik Kediri sore ini.

Olahraga | 15:24 WIB

Kamaruddin Simanjuntak menemukan adanya transaksi dari rekening Brigadir J ke rekening salah satu tersangka padahal sudah meninggal dunia.

News | 14:33 WIB

Ada dugaan jika empat rekening dan ATM Brigadir J dikuras Ferdy Sambo usai dieksekusi, disampaikan oleh pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak.

News | 13:42 WIB

PSIS Semarang vs Persik Kediri tidak siaran langsung di Indosiar namun disiarkan secara live streaming di Vidio Kamis 18 Agustus 2022 sore

Olahraga | 11:50 WIB

Berikut ini Lirik Lagu Bisakah Kau Turunkan Hujan Dengan Petir dan We Are One Big Family - Maher Zain yang sedang viral TikTok untuk Anda yang sedang mencarinya.

Lifestyle | 11:27 WIB

Simak dalam artikel ini Chord Gitar dan Lirik Lagu Mencintai Dengan Ngeyel - Vadesta Sangat Mudah Dimainkan bagi Anda yang sedang mencarinya.

Lifestyle | 11:17 WIB

Silahkan simak disini Sholawat Duqtu Walalan Atakhola Lengkap Beserta Tulisan Arab Hingga Terjemahan Viral TikTok bagi Anda yang sedang mencarinya.

Lifestyle | 10:49 WIB

Profesi JBI kini ikut viral, saat dengan heboh dan bikin netizen bangga sekaligus terhibur dimana menerjemahkan lagu Ojo Dibandingke dengan bahasa isyarat dinyanyikan Farel Prayoga di Istana Negara.

Lifestyle | 10:45 WIB

Pengacara Brigadir J minta PPATK periksa rekening seluruh ajudan Ferdy Sambo

News | 10:42 WIB

Sedang cari chord gitar dan lirik lagu Anak Kampung Cover Bulan Triana, silahkan simak secara lengkap dalam artikel ini sangat mudah untuk Anda mainkan.

Lifestyle | 10:36 WIB

Anda sedang mencari chord gitar dam lirik lagu Ngobor Kodok, yang dipopulerkan Evi Shandra, lirik Tarling Dermayu Cirebonan Sangat Mudah Dimainkan.

Lifestyle | 10:16 WIB

Dalam klarifikasi AKP Rita Yuliana menyampaikan melalui dan mengunakan akun Instagram tentang hubungan dengan Ferdy Sambo ini cek fakta benarkah dia sesungguhnya.

News | 09:45 WIB

Bagi Anda sedang mencari bacaan Surat Al Ikhlas Lengkap Arab Latin dan Keutamaanya, Serta Arti Terjemahan Indonesia, silahkan secara lengkap telah dirangkum dalam artikel ini.

Lifestyle | 09:28 WIB
Tampilkan lebih banyak