Pengacara Brigadir J: Bharada E Bukan Pelaku, Dukung Penetapan Justice Collaborator

Bharada E diyakini tidak punya niat jahat dan hanya diperintah Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir J

Aldo Santoso P
Rabu, 17 Agustus 2022 | 06:59 WIB
Pengacara Brigadir J: Bharada E Bukan Pelaku, Dukung Penetapan Justice Collaborator
Bharada E (Suara.com/Alfian Winsnto)

SUARA SEMARANG - Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak mendukung penetapan justice collaborator pada Bharada E.

Diketahui, Bharada E adalah salah satu dari 4 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam pembunuhan Brigadir J.

Bharada E berperan dalam menembak Brigadir J atas suruhan atasannya, yakni Ferdy Sambo.

Kamaruddin Simanjuntak juga mengatakan bahwa dirinya yakin bahwa Bharada E bukan pelaku karena hanya diperintah oleh Ferdy Sambo.

Baca Juga:Putri Candrawathi Dinilai Bersekongkol hingga Bikin Hoaks Bersama Ferdy Sambo

"Ya, memang sudah saya liat muka dari Bharada E sejak awal dia bukan pelaku, tapi dia disuruh. Maka saya usulkan dia supaya dilindungi oleh pelindung supaya dia dijadikan justice collaborator," ungkap Kamaruddin di gedung Bareskrim Polri, Selasa (16/8/2022) dikutip dari PMJ News.

Melihat mimik muka Bharada E, Kamaruddin Simanjuntak memiliki keyakinan bahwa tidak ada niat jahat dari Bharada untuk menembak Brigadir J.

"Saya melihat muka orang saja sudah ngerti isi otaknya. Di situ kelebihan kita. Yang tidak dimiliki oleh orang lain itu karunia tuhan. Saya melihat muka orang aja saya tahu isi otaknya, apakah dia jahat apa tidak, saya bisa mengerti," tuturnya.

Sebelumnya, LPSK menyatakan Bharada E memenuhi syarat untuk mendapat perlindungan sebagai justice collaborator dalam kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

"Bharada E memang memenuhi syarat sebagai justice collaborator," ujar Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo kepada wartawan di kantor LPSK, Jakarta Timur, Senin (14/8/2022).

Baca Juga:Jadwal Tayang dan Spoiler Alchemy of Souls Episode 17 dan 18, Mu Deok Buka Pedang Naksu Siap Lawan Jang Uk

Persetujuan ini, lanjut Hasto, didasari penilaian bahwa Bharada E bukan merupakan pelaku utama kasus pembunuhan Brigadir J.

"Yang bersangkutan juga menyatakan kesediaannya untuk memberikan informasi kepada penegak hukum tentang berbagai fakta berbagai kejadian di mana dia terlibat sebagai pelaku tindak pidana," imbuhnya.

Menurut Hasto, Bharada E menembak Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J karena perintah atasannya Irjen Pol Ferdy Sambo. Dia menyebut peran yang bersangkutan dalam kasus ini kecil.

"Bahkan keterlibatannya di dalam perencanaan dan sebagainya itu masih kita dalami apakah yang bersangkutan memang menjadi mastermind atau bagaimana tapi yang jelas kami melihat peran yang bersangkutan ini kecil," tukasnya.

News

Terkini

Kata Lestari Moerdijat salah satu kreativitas usaha UMKM yang bisa jadi solusi dalam menghadapi resesi ada diantaranya usaha komoditi kopi.

Semarang Raya | 13:54 WIB

kode promo Gojek yang aktif di bulan Desember 2022 hingga Januari 2023, dapatkan cashback, potongan harga hingga diskon 90 persen untuk layanan GoFood, Goride, GoCar, GoSend dan GoPay

Lifestyle | 12:20 WIB

kunci jawaban soal post test Topik Asesmen SD SMP SMA Modul 2 Menyiapkan Asesmen SD SMP SMA Platform Merdeka Mengajar (PMM).

News | 11:13 WIB

Berikut kunci jawaban soal post test Topik Asesmen SD SMP SMA Modul 1 Memahami Asesmen Platform Merdeka Mengajar (PMM).

News | 11:04 WIB

Keberadaan Alie Sesay disorot pendukung PSIS Semarang jelang lawan Borneo FC

Olahraga | 08:51 WIB

Jonathan Cantillana menuliskan dalam instagramnya bahwa dia akan meninggalkan PSIS Semarang setelah lima pertandingan di BRI Liga 1

Olahraga | 07:47 WIB

Berikut peringkat rangking FIFA untuk Maroko beserta tujuh tim lainnya seperti Brazil, Argentina, Belanda, Prancis, Portugal, Inggris, dan Kroasia lolos perempat final Piala Dunia.

Olahraga | 07:36 WIB

Jadwal siaran langsung BRI Liga 1 hari ini Kamis 8 Desember PSS Sleman vs Madura United, PSM Makassar vs Persita dan Bali United vs Bhayangkara FC di Indosiar dan Vidio

Olahraga | 07:19 WIB

Nantikan laga seru di jadwal perempat final Piala Dunia Qatar yang sudah ditentukan biding pertandingan pada 9-11 Desember 2022.

Olahraga | 07:07 WIB

Ini kronologi Diego Michiels pukul Michael Krmencik rupanya diawali dengan aksi saling lempar ludah terlebih dahulu

Olahraga | 23:34 WIB

"Korban diajak masuk kamar dan terjadilah peristiwa pencabulan."

Metropolitan | 14:53 WIB

Api pertama kali muncul di lantai 5 gedung Sentra Mulia Kantor Ditjen Imigrasi Kemenkumham

Metropolitan | 14:34 WIB

Iwan yang merupakan hansip untuk wilayah RT 02/06 Kelurahan Kreo, Kota Tangerang diserang begal ketika mengitari kampung.

Metropolitan | 12:03 WIB

"Kucing-kucingan itu. Sudah diusir, nongol lagi. Kita sebelumnya sudah lakukan penindakan," jelas Aji.

Metropolitan | 11:57 WIB

Ketiga remaja itu bahkan disabet menggunakan benda seperti sabuk usai tertangkap melakukan aksi pembegalan.

Metropolitan | 11:44 WIB

Chelsea Islan awalnya bersahabat dengan kakak Rob Clinton.

Gosip | 16:31 WIB

Ibu Ryan Dono juga sudah mempersiapkan perhiasan emas senilai Rp 35 juta, kambing dan padi yang nilainya lebih dari Rp 50 juta untuk Yessy sebelum batal menikah.

Gosip | 16:10 WIB

Ruben Onsu sampai dinasihati Betrand Peto.

Gosip | 15:51 WIB

Nabilah Ayu berbagi cerita mengenai cobaan yang dialami saat memutuskan berhijab.

Gosip | 15:37 WIB

Ayah Marsha Aruan, Maruli Asi Budi Aruan meninggal dunia pada 7 Desember 2022 sekira pukul 19.45 WIB akibat serangan jantung.

Gosip | 15:18 WIB
Tampilkan lebih banyak