Indonesia Menjadi Tuan Rumah FIFA World Cup U-20 2023, Berikut Ini Daftar Stadion Yang Akan Digunakan

Simak dalam artikel ini enam daftar Stadion yang siap digunakan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 FIFA World Cup U-20 2023 mendatang.

Kusuma S
Rabu, 21 September 2022 | 13:51 WIB
Indonesia Menjadi Tuan Rumah FIFA World Cup U-20 2023, Berikut Ini Daftar Stadion Yang Akan Digunakan
Stadion Gelora Bung Tomo, Jawa Timur. ((Suara.com))

SUARA SEMARANG - Pergelaran Piala Dunia U-20 atau FIFA World Cup U-20 akan berlangsung di Indonesia, lalu dimana sajakah Stadion yang akan digunakan? Simak penjelasanya dalam artikel ini.

Diketahui bersama bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengungkapkan bahwa Indonesia sangat siap untuk menjadi tuan rumah dan menyelenggarakan ajang Piala Dunia Sepakbola U-20 atau FIFA World Cup U-20 yang rencananya akan digelar 20 Mei - 11 Juni 2023 mendatang.

Zainudin Amali menjelaskan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 harusnya diadakan pada tahun 2021 lalu, namun akibat pandemi covid-19 tertunda menjadi tahun 2023 mendatang.

Dengan adanya kemunduran penyelenggaraan Piala Dunia U-20 atau FIFA World Cup U-20 tersebut, sehingga Stadion atau venue yang tadinya menjadi tempat penyelenggaraan FIFA World Cup U-20 untuk sementara digunakan oleh klub-klub untuk pertandingan. 

Baca Juga:Rossa Jawab Pertanyaan Netizen di Tengah Isu Perselingkuhan Reza Arap

Oleh karna itu, menjelang penyelenggaraan kegiatan Piala Dunia U-20 dilakukan renovasi minor mulai dari rumput, penerangan dan lain sebagainya untuk mendukung ajang bergengsi dunia FIFA World Cup U-20.

“Tapi pada keseluruhannya sih FIFA enggak ada masalah. Karena itu (perbaikan) minor saja, enam stadion utama dan pendukung-pendukung lapangan latihannya sudah siap semua di enam kota,” ungkap Menpora Zainudin Amali, dikutip dari Kemenpora.go.id.

“Secara keseluruhan kita siap. Karena begitu ditunjuk jadi tuan rumah tahun 2019 kita menang bidding, kemudian pak presiden mengeluarkan Kepres dan Inpres, memerintahkan kepada saya sebagai penanggung jawab penyelenggaraan, Pak Ketum PSSI sebagai penanggung jawab prestasi tim nasional dan Menteri PUPR sebagai penanggung jawab infrastruktur,” tutur Menpora Amali.

Selain itu, Menpora Amali menjelaskan bahwa maskot piala dunia dan logonya sudah diluncurkan secara resmi. 

Bahkan, saat maskot diluncurkan di dalam acara Car Free Day (CFD) Jakarta, Minggu (18/9/2022) lalu turut dihadiri langsung oleh perwakilan dari FIFA. Itu artinya, Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20.

Baca Juga:Potensi Hujan Lebat di Beberapa Provinsi dan Gelombang Tinggi, BMKG Ingatkan Masyarakat agar Waspada

“Nah kemarin kita luncurkan maskot badak bercula (Bacuya). Ini menandakan bahwa memang piala dunia ini ada di Indonesia, karena badak bercula satu ini hanya ada di Indonesia. Jadi pertanda bahwa kita akan menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20,” jelas Menpora Amali.

Bahkan, lanjut Menpora Amali Direktur Pertandingan FIFA Jaime Yarza tidak hanya hadir langsung dalam peluncuran mascot, namun juga turut menyaksikan pertandingan antara Indonesia melawan Vietnam di Surabaya sekaligus meninjau kesiapan stadion yang akan digunakan sebagai salah satu venue piala dunia U-20.

“Nanti Oktober akan inspeksi kembali oleh FIFA. Jadi mudah-mudahan dengan sudah diluncurkan maskot kemudian logo yang sebelumnya, sehingga meyakinkan kita bahwa kita benar-benar sudah ditunjuk oleh FIFA menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 tahun 2023. Jadi tidak usah ragu, apakah jadi atau tidak,” jelasnya.

Berikut ini enam daftar Stadion yang telah disiapkan untuk Piala Dunia U-20 atau FIFA World Cup U-20 2023 di Indonesia:

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
2. Stadion Jakabaring, Palembang.
3. Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.
4. Stadion Manahan, Solo.
5. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.
6. Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Diketahui ajang internasional Piala Dunia U-20 2023 Indonesia akan diselenggarakan pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

Selain Piala Dunia U20, pada tahun depan Indonesia juga telah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah turnamen Piala Asia 2023.

Olahraga

Terkini

Peran ayah sebagai kepala keluarga memberikan pengaruh dalam pembentukan sebuah keluarga yang harnonis karena dijadikan sebagai sosok panutan bagi anggotanya.

Semarang Raya | 17:14 WIB

Pesan yang cukup mendalam dari Inul Daratista kepada Rizky Billar, untuk tidak menyakiti apalagi sampai pukul Lesti kejora karena akan berhadapan dengan dirinya.

News | 16:34 WIB

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membeberkan alasan penahanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi

News | 15:07 WIB

Sejarah lagu Genjer Genjer adalah lagu perjuangan saat pereng kemerdekaan melawan penjajahan Jepang namun terstigma sebagai lagu perjuangan PKI dan dilarang saat orde baru.

News | 15:06 WIB

Sinopsis The Golden Spoon, drama fantasi mengangkat isu si kaya dan si miskin

Lifestyle | 14:45 WIB

Saat AHY keliling jalan-jalan di Danau Toba kemudiannya bersalaman dengan para pemancing yang ternyata pakai kaos gambar Puan Maharani.

Lifestyle | 12:54 WIB

Kronologi dugaan KDRT Rizky Billar terhadap Lesti Kejora beredar di internet

Lifestyle | 09:29 WIB

Simak prakiraan BMKG mengenai cuaca Semarang hari ini, 30 September 2022.

Semarang Raya | 01:00 WIB

Grand prize umroh akan dibagikan dalam safari dakwah Ojo Leren Dadi Wong Apik. Simak jadwal tiap sesinya di artikel berikut ini.

News | 21:00 WIB

Ustaz Muhammad Faizar mengangkat tema Cinta Ditolak Sihir Bertindak dalam rangkaian Ojo Leren Dadi Wong Apik

Lifestyle | 20:09 WIB

Ada akses khusus di Bareskrim yang tak bisa dilewati oleh awak media.

Metropolitan | 15:12 WIB

BMI menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di permukiman penduduk Jalan Cikini, Pegangsaan.

Metropolitan | 13:43 WIB

Kuasa hukum Brigadir J menyebut ada 'doa' alias dorongan amplop dari Ferdy Sambo dan istrinya, tetapi kini Putri Candrawathi malah dibela oleh eks pentolan KPK.

Metropolitan | 12:18 WIB

Jakarta Innovation Days mengusung tema "Bersama Berinovasi".

Metropolitan | 12:00 WIB

Prof Tjipta Lesmana menilai Partai Demokrat mulai kalang kabut dengan rendahnya elektabilitas partai dan kini berusaha mencari kambing hitam untuk masalah tersebut.

Metropolitan | 11:56 WIB

Dua orang yang melihat peristiwa KDRT Rizky Billar terhadap Lesti Kejora akan dijadikan saksi.

Gosip | 18:05 WIB

Derry Syaputra sempat meminta doa terbaik bagi Rizky Billar agar masalah dengan Lesti Kejora segera selesai.

Gosip | 17:56 WIB

Al Ghazali menunjukan skil bermain bulu tangkis.

Gosip | 17:36 WIB

Menurut KPI, seorang artis seharusnya memberi contoh yang baik kepada masyarakat.

Gosip | 17:26 WIB

Deddy Corbuzier memberikan komentar singkat via Instagram story terkait kasus menghebohkan ini.

Gosip | 17:24 WIB
Tampilkan lebih banyak