Scroll untuk membaca artikel
Jum'at, 25 November 2022 | 18:33 WIB

Perang SUV Murah di GIIAS Semarang, Honda WRV Memaksakan Diri Lawan Toyota Raize: Spesifikasi, Fitur, Harga

Aam Winata Mail
Perang SUV Murah di GIIAS Semarang, Honda WRV Memaksakan Diri Lawan Toyota Raize: Spesifikasi, Fitur, Harga
Honda WRV pesaing Toyota Raize. (Instagram @hondasemarangcenter)

SUARA SEMARANG - Ajang pameran otomotof GIIAS Semarang di Marina Convention Center 23-27 November 2022 jadi ladang pertempuran antara Honda dan Toyota untuk kelas mobil small SUV.

Honda WRV sebelumnya telah diperkenalkan untuk pertama kalinya di pasar Indonesia pada tanggal 2 November 2022 di Senayan Park, Jakarta.

Di booth GIIAS Semarang Honda langsung menggebrak dengan produk anyarnya yakni Honda WRV untuk kelas kapasitas mesin 1.5 L. 

Sedangkan Toyota lebih dulu menghadirkan jawara barunya yang sedang tren yakni Toyota Raize.

Baca Juga:Showroom Granit dan Keramik Terlengkap di Semarang ada di House of Roman, Ini Lokasi Alamatnya

Jika disimak, dengan kapasitas mesin 1,5 L Honda WRV tampaknya terlalu memaksakan diri, sebab hanya ingin bersaing dengan sekelas mesin 1.0 atau 1.2 L milik Toyota Raize.

Honda WRV juga tergolong terlalu boros fasilitas dan fitur hanya demi untuk bersaing dengan Toyota Raize yang unggul dari sisi desain body.

Lantas siapakah yang lebih unggul dari segi teknologi dan kehandalan mesin antara Honda WRV dengan Toyota Raize. Simak perbaandingannya di bawah ini.

Dimensi

Honda WRV memiliki dimensi panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.608 mm dengan wheelbase 2.485 mm.

Baca Juga:Buruh Usul UMK Kota Semarang Rp 3,1 Juta, Ketua DPRD: Nggak Ngawur Kok

Sedangkan Toyota Raize memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm dengan wheelbase 2.525 mm.

Mesin Pendukung

Honda WRV menggunakan mesin pendukung yang sama seperti Honda All New BR V yakni 1,5 liter DOHC i-VTEC empat silinder yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 121 PS di 6.600 RPM diikuti torsi maksimum 145 Nm di 4.300 RPM disalurkan melalui transmisi CVT.

Sedangkan di sisi lain, Toyota Raize hadir dengan dua pilihan mesin yakni WA VE berkapasitas 1,2 liter dengan tenaga maksimum 88 PS di 6.000 RPM dengan torsi 112,7 Nm di 4.500 RPM.

Satu laginya adalah mesin 1KR-VET 3 silinder turbocharged 1.000 CC VVT-i yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 98 PS di 6.000 RPM serta torsi puncak 140 Nm di 2.400-4.000 RPM.

Untuk Honda WRV hanya tersedia dalam tipe transmisi CVT saja, sedangkan Toyota Raize tersedia dalam transmisi manual dan automatic CVT.

Fitur Canggih

Pada dasarnya kedua mobil ini memiliki desain yang sama sama sporty dilengkapi dengan teknologi canggih.

Honda WRV jika dilihat secara sekilas mirip dengan Honda Brio yang dibuat menjadi model SUV. Tentunya hal tersebut berbeda dengan Toyota Raize yang memiliki desain berbeda dibandingkan mobil lainnya
 
Untuk spesifikasinya, sebenarnya kedua mobil ini memiliki banyak persamaan.

Di bagian kaki-kaki, Toyota Raize dan Honda WRV sama-sama menggunakan velg 17 inci dibalut ban radial.

Jok bagian dalam juga sama-sama sudah berlapis kulit yang membuat tampilan semakin mewah. Head unit Honda WRV (khusus varian termahal) menggunakan layar sentuh 7 inci yang terkoneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Di sini Raize sedikit lebih unggul karena sudah menggunakan head unit layar sentuh 9 inci.

Meskipun mini SUV, kapasitas bagasi dari Honda WRV bisa mengangkut barang hingga 380 liter. Sedangkan Raize bisa mengangkut barang hingga 369 liter.

Bagian speedometer Raize lebih unggul karena sudah menggunakan teknologi full digital. 

Sementara Honda WRV menggunakan teknologi yang sama dengan Honda All New BR V dengan adanya speedometer serta rpm meter konvensional di kiri dan kanan, serta sebuah layar multi instrumen display (MID) kecil di bagian tengahnya.

Untuk pengaturan AC-nya, kedua mobil ini juga sama-sama sudah menggunakan teknologi AC digital. 

Fitur tambahan lainnya yang ada pada kedua mobil ini misalnya power outlet di beberapa titik, headrest, adjustable seat, heater, serta keyless entry.

Beralih ke bagian keamanannya, baik Toyota Raize ataupun Honda WRV sudah memiliki fitur keselamatan standar seperti rem ABS, vehicle stability system (VSC), sensor parkir, airbag, dan lainnya.

Tetapi, jangan lupakan juga kedua mobil ini juga sama-sama membawa teknologi canggih yakni Toyota Safety Sense (TSS) di Toyota Raize dan Honda Sensing di Honda WRV yang memiliki fungsi hampir serupa.

Untuk kenyamanan pengemudinya, mobil juga mendapatkan teknologi adaptive cruise control (ACC) baik di Toyota Raize ataupun Honda WRV.

Harga Murah

Untuk harganya, Honda WRV dijual dengan banderol Rp271,9 juta untuk tipe termurahnya. Sedangkan yang paling mahal, SUV ini dibanderol Rp309,9 juta.

Toyota Raize lebih murah dengan kapasitas mesin kecil. Untuk yang termurahnya mobil ini dijual Rp257,6 juta. Sedangkan yang paling mahal mencapai Rp316,9 juta.

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Lifestyle

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda