Scroll untuk membaca artikel
Senin, 23 Januari 2023 | 20:12 WIB

Kejutan Mbak Ita dan Erick Thohir Untuk Kota Lama Semarang, Aktifkan Gedung Kuno Jadi Street Shopping Mirip Singapura: Ada Uniqlo, Hotel, Sarinah

Aam Winata Mail
Kejutan Mbak Ita dan Erick Thohir Untuk Kota Lama Semarang, Aktifkan Gedung Kuno Jadi Street Shopping Mirip Singapura: Ada Uniqlo, Hotel, Sarinah
Kawasan Kota Lama Semarang. (Semarang.suara.com)

SUARA SEMARANG - Kota Lama Semarang menuju destinasi wisata unggulan dan favorit dengan sejumlah gedung kuno kembali diaktifkan menjadi pusat wisata, ekonomi dan bisnis.

Dua pimpinan, Plt Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita dan Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kejutan luar biasa kepada Kota Lama Semarang.

Hal tersebut disampaikan Erick Thohir saat menghadiri acara In Journey Street Festival di kawasan Kota Lama, Sabtu 21 Januari 2023 lalu.

Bahwa Kawasan Kota Lama Semarang dengan banyaknya gedung aset BUMN bisa dimaksimalkan dan berdayagunakan.

Baca Juga:Gedung Kota Lama Semarang Terpasang Barcode Building Signage, Mbak Ita: Wisatawan Scan Pakai HP Tahu Nama dan Sejarah Telling Story

Sejumlah gedung kuno Kota Lama akan diaktifkan sebagai pusat bisnis dan hiburan seperti hotel, kafe, dan street shopping untuk memanjakan wisatawan di Kota Semarang.

Kota Lama Semarang pun akan terasa atmosfer mirip street shooping seperti laayaknya jalan-jalan di Singapura. Tak hanya wisata sejarah juga wisata belanja.

"Gedungnya 80 persen dimiliki oleh BUMN. Dari pada aset ini diam, justru kita harus kembangkan," kata Erick Thohir.

Menurutnya pengembangan Kota Lama Semarang juga merupakan upaya agar ke depannya generasi muda dapat belajar sejarah.

Di samping itu, hal tersebut tentu juga akan semakin mendongkrak pariwisata Kota Semarang dengen menggeliatnya rodo ekonomi nantinya.

Baca Juga:Festival Kota Lama Semarang 2022, Simak Jadwal Rundown Acara 15 hingga 25 September Berikut Ini

"Seperti yang tadi sudah disampaikan Ibu wali kota bahwa pengembangan ini mendorong 5,2 juta wisatawan dan ini mayoritas lokal dulu sebelum pandemi bisa mencapai 7,2 juta wisatawan. Kita akan sekalian membuka UMKM untuk lapangan kerja. Ini kita lakukan," lanjut Erick. 

Pelaksana tugas atau Plt Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita mengapresiasi perhatian Menteri BUMN terhadap kota lama Semarang. 

Kota lama Semarang terdiri dari berbagai bangunan cagar budaya yang memerlukan peran serta dari berbagai pihak untuk melestarikannya.

Mbak Ita meyakini dengan kembali mengaktifkan gedung-gedung milik BUMN dengan konsep street shooping akan menjadikan wisatawan semakin betah.

Beberapa tenant akan mengisi di sejumlah gedung kuno yang ada, untuk sementara ada lima gedung yang diaktifkan dari sekitar 15 gedung BUMN yang ada.

Hal ini tentunya semakin memudahkan wisatawan dalam menikmati fasilitas dan akomodasi yang terintegrasi yang ada di Kota Lama Semarang semuanya ada tersedia.

Diantaranya difungsikan pusat kuliner, resto kafe, hotel, Uniqlo, Sarinah dan lainnya. Untuk hotel akan menempati Gedung Jiwasraya, Uniqlo dimungkinkan di Borsumy Heritage.

"Jalan-jalan, nongkrong, shooping semuanyab ada, jadi street shooping mirip Singapura, semuanya ada di Kota Lama," katanya.

Di ketahui Sarinah yang beroperasi sejak Agustus tahun 1966 adalah pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia yang menaungi usaha rakyat khususnya dibidang eceran atau ritel dan gaya hidup.

"Terima kasih Pak Erick Thohir beserta Pak Doni yang sudah mensupport serta mendorong agar kota lama Semarang ini semakin cantik. Adanya BUMN, Sarinah, serta Pak Erick Thohir ini menjadi semangat untuk menjadikan Kota Lama sebagai destinasi wisata yang utuh," katanya.

Sementara itu, dalam In journey street Festival merupakan acara hasil kolaborasi antara pemerintah kota Semarang dengan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (BUMN). 

Acara tersebut menampilkan atraksi lightning show yang tampak cantik di Gedung Jiwasraya, Street performance, video mapping, Midway games, hingga Food Festival.

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Semarang Raya

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda