Scroll untuk membaca artikel
Selasa, 24 Januari 2023 | 18:31 WIB

PSSI Jamin Satu Tempat Bek Buat Shayne Pattynama di Timnas, Pratama Arhan Dicoret Skuat Piala Asia 2023?

Aam Winata Mail
PSSI Jamin Satu Tempat Bek Buat Shayne Pattynama di Timnas, Pratama Arhan Dicoret Skuat Piala Asia 2023?
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan) usai proses pengambilan sumpah WNI (suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

SUARA SEMARANG - Sudah resmi menjadi WNI bagi pemain naturalisasi Shayne Pattynama untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Shayne Pattynama sendiri pada Selasa 24 Januari 2023 sudah menjadi WNI dia melakukan pengucapan sumpah sebagai warga asing keturunan yang dinaturalisasi.

Nama Shayne Pattynama pun digaransi oleh PSSI untuk mendapatkan satu tempat bek atau pemain belakang di skuat Timnas Indonesia.

Shayne Pattynama diketahui adalah pemain belakang dengan spesialis posisi dia selama di Viking FK sebagai bek kiri.

Baca Juga:Shin Tae Yong Tak Kuasa, Good Bye Pratama Arhan Terancam Dicoret di Timnas Piala Asia 2023, Kedatangan Bek Kiri Naturalisasi Rp 6,95 Miliar

Posisi bek kiri sendiri di Timnas Indonesia biasanya abadi ditempati oleh eks PSIS Semarang Pratama Arhan selama 3 tahun terakhir ini.

Adanya jaminan dari PSSI maka secara otomatis tempat bek kiri pun akan berpindah penjagaannya kepaada Shayne Pattyama.

Mengutip laman PSSI, ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa Shayne Pattynama menjalani pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Selasa 24 Januari 2023.

Sebelum Shayne, PSSI telah merampungkan naturalisasi dua pemain keturunan Eropa, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keduanya menjalani sumpah WNI pada 17 November 2022.

Bahkan, Jordi Amat sudah menjalani debut bersama timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Dia bermain dalam laga perdana Grup A melawan Kamboja, 23 Desember silam.

Baca Juga:Jelinya PSSI, Persib Bandung Terancam Sanksi Sebab Mainkan Rachmat Irianto Babak Kedua

Dalam laman tersebut PSSI menyatakan bahwa Shayne Pattynama akan diproyeksikan bermain di Timnas dengan pemain belakang naturalisasi lainnya yakni Jordi Amat dan Shandy Walsh.

Jordi Amat dan Shandy Walsh diproyeksikan bisa memperkuat Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 mendatang.

"Tentu saja saya dan masyarakat sepakbola Indonesia berharap bisa menyaksikan Shayne berseragam merah-putih dan berjuang bersama pemain lainnya untuk membawa Indonesia berprestasi di kancah internasional. Amin," kata Iwan Bule. 

Permohonan naturalisasi Shayne Pattynama sebelumnya sudah melalui persetujuan dalam Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta pada 17 November 2022. 

Kemudian pada awal Januari 2023 Presiden Jokowi sudah menandatangani Keppres permohonan naturalisasi Shayne Pattynama.

Apakah Shayne Pattynama bakal menggusur posisi Pratama Arhan di Timnas Indonesia, hingga kini PSSI atau Shin Tae Yong belum merilis skuat untuk Piala Asia 2023 paska naturalisasi dia.

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Olahraga

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda